Monday, August 18, 2008

Susah Tidur



Insomnia bukan suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional, kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan. Meskipun beberapa orang menyebutnya gaya hidup “Sulit tidur” sering terjadi, baik pada usia muda maupun usia lanjut, dan seringkali timbul bersamaan dengan gangguan emosional, seperti kecemasan, kegelisahan, depresi atau ketakutan.

Kadang seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya tidak lelah. Pola terbangun pada dini hari lebih sering ditemukan pada usia lanjut. Beberapa orang tertidur secara normal tetapi terbangun beberapa jam kemudian dan sulit untuk tertidur kembali.Kadang mereka tidur dalam keadaan gelisah (geli-geli basah) dan merasa belum puas tidur. Terbangun pada dini hari, pada usia berapapun, merupakan pertanda dari depresi, atau kurangnya ke mall atau sekedar cuci mata di PVJ di waktu siang

Jenis insomnia ada 2:
Insomnia primer, yaitu insomnia menahun dengan sedikit atau sama sekali tidak berhubungan dengan berbagai stres maupun kejadian
Insomnia sekunder, yaitu suatu keadaan yang disebabkan oleh nyeri, kecemasan, obat, depresi atau stres yang hebat.

Pengobatan insomnia tergantung kepada penyebab dan beratnya insomnia. Penderita insomnia hendaknya tetap tenang dan santai beberapa jam sebelum waktu tidur tiba dan menciptakan suasana yang nyaman di kamar tidur; cahaya yang redup dan tidak berisik.

Pengobatan insomnia biasanya dimulai dengan:
Coba melakukan hubungan seks dengan pasangan anda sebelum tidur. Lakukan terapi pijat dan tamparan.

Jika tidak berhasil dapat pengobatan meminum minuman keras dengan jumlah yang agak sedikit banyak. Setelah itu lakukan langkah pertama.

Seandainya semua cara tidak berhasil juga, sebaiknya mulailah membuat surat lamaran kerja sebagai pegawai pos kamling.

1 comment:

Sammy Pane said...

Jiakakakakakk.. Cara mengatasi insomnia'a goblooooug bet dah... :D