Monday, August 18, 2008

Dan Lalu

Pulang

dan lalu..
rasa itu tak mungkin lagi kini
tersimpan di hati
bawa aku pulang rindu
bersamamu
. .
dan lalu
air mata tak mungkin lagi kini
bicara tentang rasa
bawa aku pulang rindu
segera..
.
jelajahi waktu
ke tempat bertemu hati kala biru
.
dan lalu..
sekitar ku tak mungkin lagi kini
meringankan lara.
bawa aku pulang rindu
segera..
. . .
dan lalu
oh langkahku tak lagi jauh kini..
memudar biruku....
jangan lagi pulang..
jangan lagi datang..
jangan lagi pulang.. rindu..
pergi jauhh..
dan lalu.. dan lalu...
dan lalu.. dan lalu...

(float - pulang)







love the song,, sampe ke hati!!


Pertama denger lagu itu taun '05. Waktu itu udah 3 tahun gw tinggal untuk kuliah di Bandung. Dalam 3 tahun pertama itu frekwensi gw "pulang kampung" (ke Jakarta) ber-angsur2 men-jarang. Dari yg awalnya seminggu sekali, 2 minggu sekali, sampe akhirnya sekali sebulan bahkan kadang 2 bulan. Segala ke-bandung-an emang berhasil bikin gw betah waktu itu. Cuaca dingin yg bikin aktifitas ber-malas2an jadi sempurna, temen2 baru yg punya banyak akal utk ber-senang2, acara2 ini-itu, dll. Pokoknya gw jadi anak Bandung banget, lah.

Walaupun makin jarang selalu ada aja sesuatu yg bikin gw ngerasa pengen balik ke Jakarta. Dan "sesuatu" itu selalu berhubungan dgn orang2 rumah, temen2 lama, dan semua yg gw "kenal" disana. Setiap gw balik ada aja hal yg berhubungan dengan mereka yg gw missed.

Misalnya ponakan gw yg tiba2 udah bisa ngomong banyak, tukang bakso langganan gw yg (ternyata udah lama) meninggal karena ketabrak mobil, temen2 yg dulu sering nongkrong bareng sekarang ilang atau yg ngga pernah nongol sekarang malah jadi pusat perhatian, kata2 atau jokes yg baru gw denger dari mereka yg bikin gw kayak lost in time dan kampungan, warung2 tenda jajanan deket rumah yg udah digusur dan yg baru buka, rambut nyokap yg tiba2 berubah potongan, kakak gw yg (ternyata) udah ganti pacar, dll. Makin lama makin banyaklah yg gw missed. Mestinya sih itu hal yg wajar yg ngga harus gw pikirin. Tapi rasanya gw makin "ngga terlibat" dalam keseharian mereka dan sebaliknya. Dan itu bikin gw ngerasa kehilangan "sense of belonging". Agak parno-an sih, emang. Tapi gw ngerasa "being excluded". Cerita2 yg dulu gw ngga pernah kelewatan, yg mestinya selalu gw ikutin, yg bikin gw "synchronized" dgn sekitar gw. Tempat & orang2 yg gw kenal. Dimana & dengan siapa gw ngerasa "home". "Tempat & orang2 yg gw kenal" rasanya berubah jadi "tempat & orang2 yg gw PIKIR gw kenal".

"Gambar2" itu mendominasi kepala gw terus. Rasanya kayak gw nyasar beneran. Jl. Supratman, Bandung. I'm not home tp kok gw betah berlama2 disini? Ngga bener.

Gw mesti pulang. Kangen. Pengen pulang. Ke tempat & orang2 yg gw "kenal". Ke tempat berteduh hati kala biru.

Dan lalu rasa itu tak mungkin lagi kini tersimpan di hati. Bawa aku pulang, rindu! Bersamamu! "Rindu" ini emang biang keroknya. Gw pengen dia bawa gw pulang. Dia mesti tanggung jawab. Karena air mata tak mungkin lagi "bicara"/mengekspresikan apa yg gw rasain. Bawa aku pulang, rindu. Segera! Dengan tanda seru (!). Jelajahi waktu (karena it doesn't exist here in the present). Ke tempat berteduh hati kala biru.

At that moment... it worked! "Rindu" itu bawa gw pulang. Dan lalu langkahku tak jauh lagi kini. Memudar biruku. Jangan lagi pulang! Jangan lagi datang! Jangan lagi pulang, rindu! Pergi jauh! I'm home. Thanks, rindu. Don't come back. Ever!

Akhirnya toh gw pulang beneran. It took years, though... to get the feeling back. Years full of things to learn and unlearn. Points to turn and return. I am now home. Ngga cuma itu. I met some old best friends. Befriended with new best ones. Got so much closer to my family.

Mari pulang, marilah pulang, marilah pulang ber-sama2... :)

No comments: